Tuesday, August 04, 2020
Home > Berita > 15,7 Juta Orang di Dunia Diagnosis Menderita COVID-19, AS Catat 1.000 Kematian Dalam Sehari

15,7 Juta Orang di Dunia Diagnosis Menderita COVID-19, AS Catat 1.000 Kematian Dalam Sehari

Dengan memakai masker wajah untuk melindungi diri dari virus corona, penonton di Beijing bisa menikmati film di bioskop. Ibukota China itu membuka kembali bioskop di beberapa bagian kota yang dianggap berisiko rendah.(Foto AP/Al Jazeera)

Dengan memakai masker wajah untuk melindungi diri dari virus corona, penonton di Beijing bisa menikmati film di bioskop. Ibukota China itu membuka kembali bioskop di beberapa bagian kota yang dianggap berisiko rendah.(Foto AP/Al Jazeera)

Mimbar-rakyat.com – Sekitar 15,7 juta orang di seluruh dunia telah didiagnosis menderita COVID-19, sementara lebih dari 638.000 telah meninggal. Demikian menurut penghitungan  Universitas Johns Hopkins. Lebih dari 8,98 juta orang telah pulih.

Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan rekor peningkatan dalam kasus virus corona global, dengan total peningkatan 284.196 dalam 24 jam terakhir. Demikian dikutip dari Al Jazeera. Sedang Prancis menyarankan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke wilayah Spanyol Catalonia untuk membantu menahan penyebaran COVID-19.

 

Amerika Serikat (AS) mencatat lebih dari masing-masing  1.000 kematian dalam  sehari akibat COVID-19 yang terjadi dalam empat hari berturut-turut hingga  Jumat.

India melaporkan lebih dari 49.000 kasus baru virus corona dengan 740 kematian baru, menandai lonjakan harian terbesar dalam infeksi.

Vietnam melaporkan infeksi virus corona lokal pertamanya selama lebih dari tiga bulan setelah seorang pria di kota pusat Danang dites positif empat kali untuk virus itu, kata sebuah pernyataan pemerintah.

Berkat langkah-langkah karantina yang ketat dan program pengujian yang agresif dan luas, Vietnam telah menjaga total virusnya menjadi 415 kasus yang sangat rendah, dan telah melaporkan tidak ada infeksi yang ditularkan secara lokal selama 100 hari.

Vietnam mengumumkan bahwa mereka melarang impor satwa liar dan akan menutup pasar satwa liar sebagai tanggapan atas kekhawatiran baru tentang ancaman penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia.

Perintah yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc melarang semua impor satwa liar hidup atau mati dan termasuk telur dan larva. Ini juga pantas mendapat hukuman lebih berat untuk kejahatan yang melibatkan perdagangan satwa liar.

Steve Galster, direktur Freeland, sebuah kelompok yang bekerja untuk mengakhiri perdagangan satwa liar, mengatakan, “COVID-19 meningkatkan masalah perdagangan satwa liar, sehingga anggota parlemen Vietnam terlibat dengan masalah ini dalam beberapa bulan.

Ibukota China, Beijing, membuka kembali bioskop di beberapa bagian kota yang dianggap berisiko rendah infeksi silang. Di bawah aturan baru, tiket harus dipesan terlebih dahulu, kehadiran dibatasi hingga 30 persen dari kapasitas dan tidak boleh makan atau minum selama pertunjukan. Pemeriksaan suhu dan catatan perjalanan online diperlukan untuk masuk.

Korea Selatan melaporkan 113 kasus COVID-19 yang baru dikonfirmasi selama 24 jam terakhir – kenaikan harian pertamanya di atas 100 dalam hampir empat bulan. Tetapi kenaikan itu diperkirakan karena otoritas kesehatan memperkirakan lonjakan sementara yang didorong oleh infeksi impor yang ditemukan di antara awak kapal kargo dan ratusan pekerja konstruksi Korea Selatan yang datang dari Irak yang dilanda virus.

Amerika Serikat mencatat lebih dari masing-masing  1.000 kematian setiap hari akibat COVID-19 dalam empat hari berturut-turut hingga  Jumat. Tetapi seorang penasihat Gedung Putih tentang pandemi mengatakan dia melihat tanda-tanda bahwa yang terburuk bisa lewat di negara bagian selatan dan barat yang dilanda bencana.

Setidaknya ada 1.019 kematian akibat COVID-19 dipastikan secara nasional pada hari Jumat, setelah 1.140 pada hari Kamis, 1.135 pada hari Rabu dan 1.141 pada hari Selasa. Total kasus di AS naik setidaknya 70.000 menjadi lebih dari 4,1 juta. Itu menurut penghitungan oleh Universitas Johns Hopkins. Jumlah ini sebagian besar didorong oleh lonjakan infeksi di Arizona, California, Florida, dan Texas.

“Kami sudah mulai melihat dataran tinggi di empat negara bagian kritis ini yang benar-benar menderita selama empat minggu terakhir,  Texas, California, Arizona, dan Florida, metro besar itu dan di seluruh wilayah mereka,” kata Dr. Deborah Birx kepada NBC News di wawancara.

Presiden Chili Sebastian Pinera menandatangani undang-undang rencana untuk memungkinkan warga negara untuk menarik 10 persen dari tabungan pensiun mereka. Undang-undang, yang disetujui dua pertiga dari parlemen, diciptakan untuk memberikan uang tunai cepat kepada jutaan warga Chili yang kehilangan pekerjaan karena penutupan ekonomi yang bertujuan memperlambat penyebaran virus corona.

Jajak pendapat menunjukkan hampir sembilan dari setiap 10 warga Chili berencana untuk memanfaatkan dana mereka. Sebagian besar mengatakan mereka akan menggunakan uang itu untuk membayar barang dan jasa pokok, tetapi yang lain mengatakan mereka berencana untuk menginvestasikan uang di tempat lain.

Mahkamah Agung AS menolak untuk menaikkan batas 50-orang pada layanan keagamaan yang diadopsi oleh negara bagian Nevada sebagai tanggapan terhadap pandemi corona.

Dengan suara 5-4, para hakim menolak permintaan oleh Calvary Chapel Dayton Valley di pedesaan Nevada untuk perintah sementara yang akan memungkinkannya menjadi tuan rumah layanan bagi sekitar 90 jemaat.

Badan kesehatan top di AS mengeluarkan pedoman baru tentang membuka kembali sekolah, menekankan perlunya anak-anak untuk kembali ke kelas meskipun ada kekhawatiran tentang keselamatan saat kasus corona melonjak di seluruh negeri.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menambahkan dokumen, berjudul Pentingnya Membuka Kembali Sekolah Amerika Musim Gugur ini, setelah Presiden Donald Trump menyebut rekomendasi sebelumnya terlalu sulit, tidak praktis dan mahal.

Trump melihat pembukaan kembali sekolah-sekolah sebagai hal yang penting untuk meningkatkan ekonomi.

Robert Redfield, direktur CDC, mengatakan dokumen-dokumen tambahan itu “semua dikeluarkan dengan maksud untuk membantu memfasilitasi … pembukaan kembali penuh sekolah untuk pembelajaran tatap muka”. sumber Al Jazeera dan kantor berita, Google. (edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru