Thursday, August 06, 2020
Home > Berita > Lomba Bakiak ASEAN Pada Perkenalan Dubes RI di Qatar

Lomba Bakiak ASEAN Pada Perkenalan Dubes RI di Qatar

Dubes RI di Qatar Muhammad Basri Sidehabi SIP. (detik.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – Perlombaan bakiak mewarnai Hari Keluarga ASEAN (AFD) sekaligus perkenalan Duta Besar RI untuk Qatar, Marsekal Madya TNI (purn) Muhammad Basri Sidehabi SIP di Barzan Olympic Park, Doha, Qatar.  

“ASEAN Family Day (AFD) merupakan hari istimewa dengan kehadiran Dubes Sidehabi,” kata ketua ASEAN Committee in Doha (ACD) Dubes Wong Kwok Pun, dari Singapura, di depan keluarga dan staf kedutaan Perwakilan negara anggota ASEAN saat memperkenalkan Dubes RI untuk Qatar Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi SIP pada pembukaan AFD, awal minggu ini.

Atase Politik dan Ekonomi KBRI, Boy Dharmawan, menyatakan kepada MR.com lewat surat ektronik, AFD merupakan acara tradisional keluarga ASEAN bagi masyarakat ASEAN di Qatar yang bertujuan untuk meningkatkan jejaring, koordinasi, kerjasama, persahabatan dan kebersamaan antara keluarga dan staf perwakilan ASEAN di Doha.

“AFD adalah kegiatan tahunan ASEAN Committee in Doha (ACD) yang sangat dinanti dan diminati sebagai ajang bagi seluruh anggota keluarga besar ASEAN di Qatar,” katanya.

ACD yang dibentuk pada Desember 2011 bertujuan untuk memperkenalkan dan mendekatkan masyarakat ASEAN dengan pemerintah dan masyarakat Qatar.

Boy Dharmawan mengatakan, ACD juga telah mengadakan berbagai kegiatan berskala internasional dengan sukses termasuk di antaranya ASEAN Festival 2015 ketika diketuai Indonesia yang disaksikan lebih dari 25 ribu penonton.

Pada acara ASEAN yang kerap diliputi berbagai media Qatar itu, dimeriahkan dengan lomba bakiak, tarik tambang, permainan anak dengan hadiah dari berbagai sponsor seperti Lulu Hypermarket.

Indonesia memperkenalkan lomba bakiak, salah satu permainan tradisional Indonesia yang menjadi lomba favorit di kalangan ASEAN.

Lomba bakiak dibagi dalam berbagai kelompok yaitu putera, putri dan  anak-anak.   Acara keluarga ASEAN juga menjadi ajang untuk memperkenalkan makanan tradisional ASEAN. makanan ASEAN seperti bakso, mi goreng, nasi goreng dan dimsum dan berbagai makanan tradisional ASEAN lainnya turut ditampilkan pada acara tersebut.

Dubes Sidehabi yang baru saja menyerahkan  surat kepercayaan kepada Emir Qatar pada 3 Maret 2016, menjelaskan bahwa acara keluarga ASEAN merupakan bagian dari multi-track diplomacy guna mempromosikan hubungan negara ASEAN dan Qatar.

Ia berharap kegiatan itu semakin mempererat hubungan persahabatan dan kerjasama bagi sekitar 350 ribu warga ASEAN yang bekerja di Qatar dengan masyarakat setempat.  “Jumlah tersebut menyamai penduduk asli Qatar,” katanya.  (SP/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru