Sunday, December 15, 2019
Home > Berita > Astra Perkuat Bisnis & CSR di Jawa Tengah

Astra Perkuat Bisnis & CSR di Jawa Tengah

Para petinggi Astra berkunjung ke kantor Gubernur Jawa Tengah. (ist)

MIMBAR-Rakyat.com (Semarang) – Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto beserta eksekutif Grup Astra, Senin bersilaturahim ke kantor Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sekaligus mengenalkan kegiatan Grup Astra di Provinsi Jawa Tengah.

Pada kesempatan tersebut Presdir Astra juga meninjau pembangunan jalan tol Semarang – Solo dan peresmian Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang merupakan kontribusi sosial Astra.

Astra International melalui anak usahanya di bidang infrastruktur dan logistik, PT Astratel Nusantara (Astratel), memiliki 25% saham di PT Trans Marga Jateng (TMJ) sebagai pemilik ruas tol Semarang – Solo sepanjang 73 km yang dibagi menjadi lima seksi.

Seksi I dan II (sepanjang 23 km) sudah beroperasi, yaitu dari Semarang – Ungaran – Bawen. Sementara itu, seksi III dari Bawen ke Salatiga sepanjang 17,6 km saat ini dalam tahapan konstruksi dan direncanakan untuk bisa digunakan pada lebaran tahun 2016 dan beroperasi secara penuh pada akhir tahun ini. Total investasi untuk pembangunan tol ini mencapai Rp 7,3 triliun.

Selain TMJ, untuk mendukung proyek Jalan Tol Trans Jawa, Grup Astra juga memiliki saham di tiga perusahaan pengelola jalan tol lainnya, yaitu: 1. PT Marga Mandalasakti, dengan kepemilikan saham 79,31%, memiliki ruas tol Tangerang – Merak sepanjang 72,45 km. Telah beroperasi 100%.

Berikutnya, 2. PT Marga Harjaya Infrastruktur, dengan kepemilikan 95%, memiliki ruas tol Jombang – Mojokerto sepanjang 40,5 km. Seksi I telah beroperasi dan seksi II – IV sedang dalam proses pembebasan lahan dan paralel seksi II & III dalam proses konstruksi. 3. PT Marga Trans Nusantara, dengan kepemilikan 40%, memiliki ruas tol Serpong – Kunciran sepanjang 11,25 km. Ruas ini sedang dalam proses pembebasan lahan.

Secara keseluruhan, total jalan tol yang dimiliki Grup Astra melalui empat perusahaan di atas mencapai 197,2 km.

Pada kesempatan yang sama, Presdir Astra meresmikan LPB yang didirikan YDBA, salah satu dari sembilan yayasan Astra yang bergerak di bidang pemberdayaan usaha kecil menengah. LPB ke-14 ini berlokasi di UMKM Center Jawa Tengah sebagai realisasi usulan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dengan sumber daya alam dan SDM yang berlimpah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mempercayakan YDBA untuk mengembangkan potensi ekonomi tersebut agar dapat membantu mewujudkan masyarakat yang mandiri.

Peresmian LPB Semarang ini dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Presdir Astra yang juga Ketua Pembina YDBA Prijono Sugiarto, Ketua Pengurus YDBA F.X. Sri Martono, Direktur Astra sekaligus Pembina YDBA Bambang Widjanarko Santoso, Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security Astra Pongki Pamungkas serta Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Semarang Sony Widjaja, seperti disiarkan Kepala Humas PT Asrta International Tbk,  Yulian Warman.  (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru