Tuesday, October 22, 2019
Home > Internasional > 12 WNI Ikut Tewas Dalam Pesawat Malaysian MH -17 Yang Jatuh Kena Rudal

12 WNI Ikut Tewas Dalam Pesawat Malaysian MH -17 Yang Jatuh Kena Rudal

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) –  Ada 12 orang WNI yang berada dalam pesawat Boeing 777 Malaysian Airline MH-17 yang jatuh tertembak rudal di atas kawasan Ukrainan Eropa Timur Kamis (17/7/2014) lalu.Pesawat Boeing 777 tersebut memuat sebanyak 280 orang penumpang dan 15 crew. Tidak ada yang selamat, semua tewas.

Malaysia Airline akhirnya memberikan daftar nama-nama warga Indonesia yang ada di dalam pesawat MH-17 yang jatuh dan diperkirakan ditembak di wilayah Ukraina, Eropa Timur, Kamis (17/7/2014) lalu. Berikut daftar nama penumpang yang memiliki paspor Indonesia:

1. Hadiono Gunawan/pria 2. Yodricunda Theistiasih/wanita 3. Ketut Wiartini/wanita4. Yuli Hastini/wanita 5. Vickline Kurniati Kardia/wanita 6. Supartini/wanita 7. Hendry/pria 8. Gerda Leliana Lahenda/wanita 9. Werther Smallenburg/pria 10. Jane M Hadi Soetjipto/wanita 11.Wayan Sujana/pria 12. Clarice Yelena Huizen/bayi

Mayat bergelimpangan di sekitar lokasi kecelakaan sebuah pesawat penumpang Malaysia Airlines 777 di wilayah Timur Ukraina.

Kantor berita Rusia, RIA Novosti, menurut laporan saksi di lokasi jatuhnya pesawat menyebutkan bahwa puing-puing pesawat seluas satu kilometer persegi.

Malaysia Airlines Boeing-777 terbang dari Amsterdam tujuan  Kuala Lumpur jatuh di dekat kota Donetsk, Kamis waktu setempat. Setidaknya ada 280 penumpang dan 15 awak di atas  pesawat itu.

Pesawat dilaporkan menghilang dari pantauan  radar saat terbang pada ketinggian sekitar 10.000 meter.

Sejumlah spekulasi muncul bahwa pesawat itu ditembak jatuh oleh sebuah rudal permukaan sementara sejumlah media memberitakan bahwa di Luhansk Republik Rakyat di Timur Ukraina  menginformasikan  rudal ditembakkan dari angkatan udara Ukraina Su-25 Tempur Jet.

Membantah

 Presiden Ukraina Petro Poroshenko memastikan, tentara Ukraina tidak menembak pesawat Malaysian  Airliner MH17 yang melewati wilayah timur Ukraina yang ditempati kaum

“Saya memastikan bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina tidak menembakkan target mana pun di udara,” kata Poroshenko dalam sebuah pernyataan di situs resmi kepresidenan.

Sebelumnya, Pemberontak pro-Rusia di Ukraina timur membantah keterlibatan mereka dalam kabar jatuhnya pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines.

“Kami tidak memiliki sistem pertahanan udara. Persenjataan kami hanya bisa menjangkau ketinggian 4.000 meter,” kata sumber milisi pro-Rusia kepada kantor berita Interfax,Kamis (17/7/2014).

Pesawat itu jatuh di Ukraina 60 kilometer dari perbatasan Rusia. Pesawat itu tengah terbang di ketinggian 10.000 meter dan seharusnya memasuki wilayah udara Rusia pada pukul 17.20 waktu setempat.

Pulang Lebaran

Yuriah Tansil terus menangis mendengar kabar pesawat Malaysian Airliner ditembak jatuh di Ukraina Kamis (17/7/2014). Tangisan Adiknya yang bernama Ninik Yuliani  Yuli Hastini ?) ikut terbang bersama pesawat nahas tersebut.

“Adik saya bernama Ninik Yuliani terbang dari Amsterdam dengan Malaysia Airlines, rencananya tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat pagi pukul 09.00 WIB,” ujar Yuriah dalam percakapannya dengan Metro TV, Jumat (18/7/2014) dinihari.

Malam kemarin ia  mendapat telepon dari anak Ninik yang tinggal di Eindhoven, Belanda. “Keponakan saya telepon dari Belanda mengabarkan Ibunya naik pesawat yang jatuh itu sambil menangis” ujar Yuriah sesenggukan.

Sedianya adiknya yang bermukim di Belanda sejak tahun 1997 tersebut akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta hari Jumat pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Lebaran ini ia akan pulang kampong sekalian menengok ibunya yag sedang sakit. (Ais)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru