Tuesday, December 10, 2019
Home > Gaya Hidup & Kesehatan > 10 Makanan Melindungi Jantung Kita

10 Makanan Melindungi Jantung Kita

Ilustrasi - Makanan yang melindungi jantung.

Kalau sudah ketahuan penyakitnya, maka terlambat untuk melindunginya, apalagi penyakit itu merupakan pembunuh nomor satu di dunia, yaitu penyakit jantung.

“Kalau kita sudah sakit, atau bila ada keluarga dan tetangga yang sakit, maka kita baru menyadari betapa mahalnya kondisi sehat tersebut,” itu selalu dikatakan orang bila mengomentari orang sakit.

Memang cukup sulit mengubah gaya hidup kita secara drastis dalam dunia yang serba kompetitif ini. Tapi kita selayaknya harus dapat mengubah gaya makan kita, dalam usaha melindungi jantung kita.

Nah, dalam indiatimes.com, disebutkan ada 10 makanan yang dapat melindungi kesehatan jantung kita.

1. Kacang hitam: Kacang hitam yang dikemas dengan folat, antioksidan, magnesium yang baik dapat menurunkan tekanan darah, gula darah dan kolesterol. Hal ini pada gilirannya membuat jantung Anda berada di zona aman. Tetapi jika Anda ingin mengkonsumsi kacang kalengan, silakan menguras cairan dan mencuci kacang itu sebelum diolah atau disantap, guna mengurangi kadar sodium.

2. Salmon dan tuna: Kedua ikan kaya anti-oksidan dan omega-3 ini, dua jenis makanan penting yang membantu kesehatan jantung.

3. Kenari: Sejumlah kenari per sehari membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan pada arteri. Ini juga dapat digunakan untuk menggantikan camilan sebelum santap makan.

4. Jeruk: Jeruk mengandung pektin untuk melawan kolesterol.  Buah ini juga kaya akan kalium yang membantu mengontrol tekanan darah. Hesperidin antioksidan juga membantu menurunkan tekanan darah.

5. Wortel: Buah ini amat baik untuk mengontrol gula darah atau diabetes, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Wortel juga membantu melawan kolesterol jahat.

6. Ubi: Umbi-umbian ini kaya akan vitamin A, serat dan lycopene membuat buah ini amat bagus dikonsumsi.

7. “Oats”: Oats dalam segala bentuk membantu jantung Anda dengan menurunkan kolesterol jahat.

8. Flaxseeds (Biji rami): Ini mengandung phytochemical yang disebut lignan, dan termasuk bijian rempah kelompok kesehatan. Sesendok bubuk rempah ini dalam sehari baik dituangkan dalam sereal atau salad.

9. “Chilli powder” (semacam rempah cabai) yang melezatkan makanan India ini sebenarnya melindungi jantung dan tubuh dari diabetes, dengan kemampuannya menaikkan fungsi insulin alami dalam tubuh.

10. Kopi: Ini dapat menjauhkan kita dari penyakit diabetes tipe 2. Tapi orang yang memiliki tekanan darah tinggi harus berhati-hati, karena dapat menaikkan level gula darah.

Baca juga  :  hati-hati-makanan-sehat-bisa-jadi-berbahaya/

Nah, kini kita semakin faham tentang santapan yang dapat melindungi jantung kita – artinya, kita harus lebih awas dalam memelihara kesehatan diri kita. (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru