Monday, October 21, 2019
Home > Berita > 10 Fakta Menarik Tentang Indonesia

10 Fakta Menarik Tentang Indonesia

Ilustrasi - Candi Borobudur di Jawa Tengah.

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Tiap negara memili ciri khas sendiri dan amat menarik bagi para pelancong yang ingin berkujung ke negara itu dan tentu saja bagi penduduk di negara itu.

Namun,  walau pun sebagai warga negara Indonesia, banyak orang tidak atau kurang tahu tentang fakta menarik yang ada di negara Nusantara ini.

Nah, berikut ini ada 10 fakta menarik tentang negara Republik Indonesia yang dilukiskan dalam whatthafact.com.

Indonesia dengan 17.508 pulau merupakan negara keempat di dunia yang paling banyak penduduknya. Negara ini dikelilingi Papua New Guinea, Timor Timur dan Malaysia.

Sudah sepantasnya, masyarakat Indonesia mengetahui fakta menarik tentang negara ini, yang disusun oleh pihak yang bukan berkebangsaan Indonesia.

Inilah 10 fakta menarik tentang Indonesia  :

#1: Kepulauan Terpanjang

Indonesia merupakan kepulauan tepanjang dan terluas di dunia. Ada sekitar 17. 508 pulau dan sekitar 6000 pulau dihuni manusia. New Guinea, Borneo (Kalimantan), dan  Sumatra masuk dalam 10 besar pulau terluas dunia. Dengan penduduk sekitar 250 juta jiwa, Pulau Jawa merupakan pulau paling banyak dihuni penduduk di dunia ini.
#2: Keajaiban Dunia

Candi Borobudur yang ada di Indonesia, merupakan canti Bundha terbesar di dunia. Ini pernah tercatat  sebagai salah satu dari Tujuh Kejaiban Dunia.
#3: Invasi

Marco Polo merupakan orang Eropa pertama yang masuk ke Indonesia. Ia melakukan perjalanan panjang untuk mencari rempah-rempah sebagai komoditas penting di negaranya.
Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun, sehingga banyak orang-orang tua Indonesia yang mahir berbahasa Belanda. Banyak kata-kata dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Belanda.
#4: Khatulistiwa

Garis khatulistiwa membentang melewati Sumatra, sehingga pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata turis mancanegara. Iklimnya khas khatulistiwa dengan rata-rata 20-34 derajat Celsius. Garis khatulistiwa itu memotong pulau Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan serta beberapa pulau kecil di sekitarnya.
#5: Cincin Api

Ada beberapa fakta menarik tentang Indonesia dikaitkan dengan “cincin api”, seperti berikut ini  :

Indonesia merupakan bagian dari “Cincin Api (The Ring of Fire), susunan grup gunung merapi  .
Sekitar 75% gunung merapi di jajaran “Cincin Api” berada di Indonesia.

Gunung Tambora meletus pada 1815, merupakan salah satu letusan gunung merapi terkuat di dunia. Letusan itu berpengaruh pada iklim global sehingga saat itu muncul istilah “tahun tanpa musim panas”.
#5: Keanekaraman Hayati

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati cukup kaya. Ular terpanjang pernah ditemukan di negara ini, panjangnya 10 meter, pada 1912. Ikan lumpur “The Mudskipper” dapat berjalan, memanjat dan melompat ke pohon dan bernafas terdapat di negara ini. Bunga Rafflesia Arnoldi, sering disebut bunga Bangkai dengan tinggi lima kaki dan lebar empat kaki ada di sini dan beratnya tujuh kilo. Pulau Komodo merupakan rumah Komodo besar, yang panjangnya dapat mencapai tiga meter. Ini satu-satunya negara yang memiliki binatang seperti naga itu.
#6: Penduduk

Ada sekitar 300 etnis di negara ini dengan 583 bahasa serta dialek berbeda yang dipakai penduduk di berbagai pulau negara ini. Bahasa resminya adalah Bahasa Indonesia.
#7: Selera / makanan utama

Nasi merupakan makanan utama  dan bila menyantap sesuatu tanpa nasi maka belum dianggap makan pagi, siang atau malam. Indonesia juga suka makanan pedas. Bahan masakan bersantap orang Indonesia selalu termasuk santan kelapa, ikan dan ayam, serta cabai.
#8: Olahraga

Bulu tangkis serta sepak bola merupakan dua cabang paling popular di negara ini. Tapi kedua cabang ini tidak luput dari perjudian.
#9: Sejarah

Ada beberapa fakta penting menarik tentang sejarah Indonesia. Ibukota negara, Jakarta, sebelumnya dikenal dengan nama Batavia ketika dijajah Belanda. Kehidupan sudah berlangsung dan dalam catatan sejarah sejak dua juta tahun lalu di negara ini. Ini terbukti dengan terdapatnya berbagai fosil di Surakarta dan Sangiran sebagai Manusia Jawa atau   “Homo Erectus”.
#10:  Zona Waktu

Daratan Indonesia amat luas, banyak daerah yang masih tertutup dan ..ini yang paling menarik..negara ini memiliki tiga zona waktu. Ini merupakan salah satu negara yang belum sepenuhnya dieksplorasi atau dipetakan.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru