Friday, August 07, 2020
Home > Berita > 10 Fakta di Balik Keberhasilan Islandia ke Perempat Final Piala Eropa 2016

10 Fakta di Balik Keberhasilan Islandia ke Perempat Final Piala Eropa 2016

Kejutan, Inggris kandas dari Piala Dunia 2016, setelah digulung Islandia.

MIMBAR-RAKYAT.com (Nice) – Islandia tampil mengejutkan setelah unjuk kemampuan lolos ke perempat final Piala Eropa 2016, dengan mengalahkan Inggris 2-1 pada laga 16 besar di Stadion Allianz Riviera, Nice, Senin (27/6).

Islandia pun menyatakan siap “perang” lawan Prancis di pertandingan perempat final pada pertandingan yang digelar di Stadion Stade de France, Saint-Denis, Senin (4/7).

Sebelum mengalahkan Inggris, rekor Islandia sudah mulai bersinar, ketika belum pernah menelan kekalahan, imbang 1-1 lawan Portugal dan Hungaria, setelah sebelumnya mengalahkan Austria 2-1 di babak penyisihan grup.

Jumlah penduduk Islandia mencapai 333. 000 jiwa dan tentu saja mereka amat bangga dapat masuk elite sepak bola Eropa.

Nah berikut 10 fakta di balik sukses Islandia itu seperti dilansir FoxSports:

Pertama, “Like father, like son”. Pada 1996, Islanda melakoni laga persahabatan melawan Estonia. Dalam pertandingan itu, Eiður Smári Guðjohnsen masuk ke lapangan menggantikan Arnor, yang juga ayah kandungnya. Ini kali pertama, seorang ayah bersama dengan anak laki-lakinya bermain bersama dalam laga internasional.

Kedua, peringkat Islandia langsung melesat. Pada April 2012, Islanda berada di urutan 131 menurut badan sepak bola dunia (FIFA). Sekarang, Islandia bertengger di peringkat 34.

Ketiga, kekalahan atau kemenangan terbesar. Denmark melumat Islandia 14-2 pada 1967, tetapi mampu mengalahkan Kepulauan Faroes 9-0 pada 1985.

Keempat, memiliki dwitunggal manajer yang mumpuni yakni Lars Lagerbäck dan Heimir Hallgrímsson.

Kelima, faktor manajer yang sarat pengalaman. Lars Lagerbäck pernah membesut Swedia dan Nigeria. Ia kemudian menangani Islandia selama dua tahun sebelum berkongsi dengan
Hallgrímsson pada 2013.

Keenam, manajer yang dokter gigi. Hallgrímsson berprofesi sebagai dokter gigi yang masih praktek paruh waktu. Ia kemudian bersedia mengemban tugas sebagai manajer Timnas Islandia di ajang Piala Eropa 2016.

Ketujuh, catatan menarik. Islandia memiliki 21.508 pemain sepak bola yang tercatat secara resmi di badan sepak bola nasional negeri itu.

Kedelapan, Islandia memiliki 11 stadion sepak bola indoor. Stadion-stadion itu umumnya dilengkapi dengan kubah perlindungan.

Kesembilan, karena cuaca Islandia demikian dingin,  lapangan bola mereka dilengkapi dengan pemanas ruangan ukuran besar.

Kesepuluh, kapasitas stadion bukan ukuran sukses. Stadion nasional Islandia hanya mampu menampung 9.800 penonton dengan kapasitas keseluruhan 15. 000 penonton.  (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru